top of page

Berwisata ke Kepulauan Derawan

Day 128, km 7.219


Puas touring ke Pulau Sebatik, saatnya lanjutin petualangan di tanah Borneo. Destinasi selanjutnya ke Kalimantan Timur dari sini saya sewa speed boat buat muat motor langsung ke Sei Ular sekitar 45 menit perjalanan dan dari Sei Ular dengan jalanan mulus, sepi dan dominan hutan bakalan menjadi pemandangan ku sepanjang 215 Km lintasi trans Kalimantan menuju kota besar pertama di Malinau buat bermalam, untunglah daerah yang terkena banjir di utara Malinau sudah reda dan tidak menghambat perjalananku.


Hari selanjutnya bakalan jadi perjalanan yang lumayan panjang, dari Malinau Kalimantan Utara destinasiku bakal ke Tanjungredeb di Berau sudah masuk kalimantan Timur. Perjalanan bakal ditempuh sekitar 8 jam berjarak 300 Km dengan jalanan mulus, mulai nampak perkebunan sawit dan juga perkebunan Eukaliptus. Nah tujuanku datang ke Berau sebagai titik jemput dari paket tour Kepulauan Derawan yang saya pilih. Hari berikutnya dari Tanjungredeb naik mobil dulu sekitar 2 jam ke Tanjungbatoe karena pelabuhan ada disana dan lebih dekat ke Pulau Derawan Cuma sekitar 45 menit naik speedboat. Setelah sampai pulau Derawan lanjut diarahin buat ke penginapan sama tour guide nya dan memang sekarang ini masih high season jadi lumayan rame sama turis di pulau kecil ini tapi pemandangan laut, air yang jernih dan terumbu karang sudah bisa kita saksikan dari pulau Derawan ini.


Hari selanjutnya pagi-pagi udah bersiap buat menuju ke Pulau Maratua sekitar 1 jam naik speedboad dan disana kami bakal kunjungi goa karst air payau Halo Tabung yang memiliki kedalaman sekitar 25meter dengan air yang jernih jadi kita bisa berenang bebas cuma harus hati-hati karena batuan karst lumayan tajam. Setelah itu lanjut ngopi-ngopi di salah satu resort di Maratua sambil dimanjakan sama pantai yang bersih dan bening sebelum kami lanjut bertolak ke pulau Kakaban buat makan siang sambil piknik dekat laguna Kehedaing yang indah banget tapi tujuan utama kami ke Pulau Kakaban ini untuk mengunjungi danau Ubur-Ubur. Nah di danau ini kita bisa berenang tanpa rasa takut disengat sama ubur-ubur di habitatnya karena ubur-ubur disini sudah mengalami evolusi akibat terperangkap dalam jangka waktu yang lama di danau ini.


Karena waktu terus berjalan, lanjut gas pakai speedboat ke Manta point dekat pulau Sangalaki, luar biasa memang bisa lihat langsung dari atas kapal kawanan Manta berenang mengejar plankton yang banyak di kawasan ini. Dan sebagai penutup kami pun lanjut ke pulau tak berpenghuni dan pulau ini mini banget hanya muncul kalau air laut lagi surut namanya pulau Gusung atau Gosong, kami bisa menikmati sunset dan bermain pasir pantai putih ditambah air nya bening banget puas banget pokoknya bisa merasakan perngalaman berwisata di kepulauan Derawan ini. Selanjunya kamipun balik ke pulau Derawan buat istirahat dan besoknya kembali dijemput speedboat buat ke Tanjungbatoe lagi.


Salam Adventure.
















Comentarios


You Might Also Like:
bottom of page