top of page

Eksplor Balikpapan

Day 1-2, Km 36.


Setelah 2 jam mengudara dari Jakarta dan tibalah di Balikpapan Kalimantan Timur, waktu disini 1 jam lebih maju dari waktu di Jakarta dan karena ambil pesawat subuh trus tiba di Balikpapan pagi banget jadinya rada-rada ngantuk jiwa belum terkumpul pas udah nginjakin kaki di tanah Kalimantan padahal udah seduh kopi di rumah teman yang gak jauh dari bandara dan enaknya disini memang gak macet kayak ibu kota jadi liat trafik lenggang udah gak sabaran pengen motoran deh. Abis tidur – tiduran dikit sambil dikasi wejangan sama kawan di Balikpapan biar gak kultur shok pas turing disini, selanjutnya diajak kulineran di pusat kota Balikpapan biar jiwa makin terkumpul dan ada hiburan dikit setelah begadang di Bandara Soetta. Diajak makan siang Coto Makassar udah paling cocok waktu itu setelah paginya sempat mendung dan siang jadi cerah sambil nikmati pemandangan Selat Makasar sambil nikmati Coto Makassar H. Kasim area Pasar Klandasan.


Lanjut kami nyari tempat nongkrong di pantai Kilang Mandiri biar bisa liat pantai sekaligus mantau kapal ferry RoRo yang bawa motor Honda CB150X dari Tanjung Priok yang udah 4 hari perjalanan laut dan rencananya bersandar sore ini di pelabuhan Ferry Balikpapan. Tapi sampai matahari udah terbenam tak kunjung dapat kabar kalau motorku sudah di daratan. Setelah usut ternyata KM Sulawesi Leader yang muat motor saya masih parkir di tengah laut nunggu antrian bongkar muat dari KM Dharma Lautan dari Surabaya. Jadinya motor telat lagi mengaspal di tanah Borneo. Untungnya salah satu member Komunitas Honda CB150X chapter Balikpapan mau minjemin motornya buat pake pas acara Sunmori besok bareng bikers Balikpapan.


Sunmori pun dimulai agak molor karna hujan turun, gak apalah biar suasana adem, setelah sarapan nasi kuning H. Daud, kami gas tipis tipis arah ke Mangrove Center Graha Indah Cuma di belakang perumahan gak jauh dari pusat kota Balikpapan. Dan beruntung pagi itu air laut masih pasang jadi masih bisa nyewa kapal klotok buat liat maskot punya Kalimantan yaitu Bekantan yang hidup di alam area hutan Mangove ini. Dan lagi-lagi udah duduk manis di kapal eh malah mesinnya gak bisa di start alias ada kerusakan teknis. Nunggu 30 menit ada kapal nelayan yang bakal gantiin kapal yang rusak biar acara sunmori diatas muara ini berjalan lancar, makin siang makin cerah nyari Bekantan di pinggiran sini mulai susah karna mereka makin masuk ke dalam hutan Mangrove yang luas banget tapi ketemu juga koloni Bekantan Cuma pas ada kapal yang datang malah langsung manjat ke dahan yang tinggi jadinya lensa tele-ku gak cukup dapat membidik si Bekantan buat liat hidung mancungnya. Tapi pas perjalanan balik ke dermaga malah bonus ketemu buaya yang lagi nongkrong. Lumayan dapat hiburan dikit.


Lanjut riding sebelum tengah hari ke tempat konservasi Beruang Madu di Kawasan Wisata Lingkungan Hidup Balikpapan, dan lagi-lagi beruntung bisa ketemu Beruang Madu yang pemalu dan bikin gemes cuma kitanya kudu senyap, jangan ribut karna dia lagi tidur pules abis makan siang. Ngomong-ngomong makan siang karna udah siang banget jadinya gas lagi langsung ke venue buat acara pengukuhan komunitas CB150X chapter Balikpapan di pantai Taritip sebelah utara kota Balikpapan. Pas nyampe venue Honda CB150X ku udah terparkir disana, rupanya Ferry RoRonya udah berhasil nyandar siang itu dan langsung ekspedisinya langsung bantuin bawa motorku ke venue. Seneng banget liatnya abis itu gak buang waktu lagi acara langsung dimulai, teman-teman biker yang hadir dari Balikpapan bahkan ada yang datang jauh-jauh dari Berau dan Samarinda buat memeriahkan acara pengukuhan komunitas CB150X Balikpapan sambil mendengar cerita pengalaman turing Wheel Story dan jalur turing saya di tanah Kalimantan ini dan acara menarik lainya yang ditunggu-tunggu para biker selain tengok langsung tunggangan Wheel Story yaitu giveaway produk Motul Motorcycle Care lalu lanjut beberapa Merchandise Wheel Story sampai yang hadir pun bawa pulang Goody Bag dari Kahf dan souvenir cantik dari NJS x Wheel Story. Pokoknya meriah abis pake canda tawa sambil kuliner seafood langsung dari pinggir pantai Sunrest Beach. Seru memang apalagi akses menuju venue dipilih lewatin pesisir jadi sensasi motoran makin seru. Dan petualangan eksplor Kalimantan pun di mulai.


Salam Adventure.















Comments


You Might Also Like:
bottom of page