Keren! Motoran di Hamparan Garam.

Day 340, Km: 12.025, Salinas Grandes, Jujuy


Dari Humahuaca saya riding kembali ke arah selatan tetap di rute no.9 dan setelah 67 km berkendara, saya berbelok ke arah Barat masuk rute 52 dan ketemu sama kota kecil Purmamarca. Kota ini sangat populer dikalangan para pelancong karena gunung 7 warna yang berada tepat di belakang Purmamarca. Dan waktu saya masuk ke kota ini benar saja, banyak turis domestik tumpah ruah di kota ini. Untung saya masih bisa dapat penginapan yang harganya masih masuk kantong walaupun tak tersedia lahan parkir namun si Rumba a.k.a Honda Africa Twin tunggangan saya sama pemilik penginapan diarahin parkir di koridor penginapan walaupun boxnya harus dicopot karena gak muat tapi gak apalah yang penting aman terkendali.


Mumpung hari masih lumayan cerah, saya sempatkan dulu jalan-jalan di pusat kota ini sambil melihat pernak-pernik warna-warni yang dijual sebagai souvenir banyak kita temui di sekeliling taman kota ini. Tapi saya lebih memilih cari kedai kopi saja buat nyantai sore sambil melihat suasana kota dengan latar belakang pegunungan berwarna warni mirip pelangi yang menjadi ikon dari Purmamarca ini. Ya walaupun banyak turis lokal memadati tempat ini tapi saya sebisa mungkin jaga jarak dan tak lupa pakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan pakai hand sanitizer apalagi kalau baru selesai transaksi wajib langsung cuci tangan setelah itu.


Hari berikutnya cuaca cerah banget, dan pas banget buat kunjungi Salinas Grandes. Saya tinggal gas ngikutin rute no.52 ini ke arah Barat kira-kira 70 Km dari kota Purmamarca. Tapi ternyata jalan menuju Salinas Grandes ini epic banget buat biker, pasalnya jalanan yang mulus ini dipenuhi ratusan tikungan manis bakalan seru abis bermotor disini ditambah suguhan pemandangan sekeliling yang ciamik makin komplit buat yang suka foto-foto. Dan point tertinggi dari rute 52 ini 4.170 Mdpl, pantas aja walaupun cerah tapi udara disini bikin dingin semriwing dan kalau banyak gerak bakalan ngos-ngosan karena oksigen tipis.


Tapi tak jauh dari sana, hamparan kayak gurun pasir putih mulai nampak. Dan pas sampai sana memang bisa bikin geleng-geleng kepala melihat hamparan garam yang luasnya 212 Kilometer persegi ini bisa bikin sakit mata karena pantulan putih nya ditambah sinar matahari yang cerah banget yang bikin mata silau dan lelah, makanya wajib pakai kaca mata hitam biar mata jadi enak dan nyaman. Setelah beli tiket masuk dan dikawal sama pemandu, saya pun bisa berkendara motor di atas ladang garam ini tapi ternyata tidak boleh sembarangan riding. Harus ikuti arahan pemandu karena kalau tidak bakalan berbahaya karena ternyata ada beberapa tempat yang kondisi lantai yang berongga yang sewaktu-waktu bisa amblas. Nah di tengah-tengah ternyata ada kumpulan air yang kalau kita simak berasa seperti cermin raksasa, kalau buat foto di depan air berwarna tosca ini bakalan terlihat seperti berfoto di atas awan, ini karena airnya yang tenang merefleksikan langit dan awan yang sensasinya seperti masuk ke dua dunia. Puas berada di Salinas Grandes dan sekarang waktunya balik ke Purmamarca dan bakalan lewatin jalanan pegunungan yang fantastis ini lagi.


Salam Adventure.












You Might Also Like: