Petualangan Central Amerika dimulai!

Day 501, Km: 24.415, Panama.


Setelah semua urusan beres buat kirim motor Honda Africa Twin dari Bogota ke Panama, saatnya saya ninggalin Amerika Selatan khususnya Colombia buat menuju destinasi selanjutnya ke Miami, Florida. Ya, saya sengaja berkunjung ke Miami (USA) dulu karena schedule pengiriman motor dari Bogota ke Panama City baru akan ada sekitar satu minggu lagi jadinya saya punya cukup waktu buat traveling ke Miami buat aktivasi visa USA biar bisa bebas visa buat masuk Panama dan saya sekalian buat dapatin vaksin Covid-19 agar kedepannya urusan perjalanan lebih aman. Dan setelah 4 hari di Miami, tibalah waktunya buat ke Panama City, tapi teryata pas sampai di Panama, saya harus melakukan karantina mandiri dikarenakan peraturan dari pemerintah di sini, siapapun yang datang dari Amerika Selatan dan negara-negara dengan kasus Covid yang tinggi harus dikarantina mandiri, nah history perjalanan saya pernah tinggal di Amerika Selatan sebelumnya lebih dari 14 hari jadinya saya harus diwajibkan melakukan karantina mandiri di sini di hotel yang sudah ditentukan sama pemerintah. Saya menjalani karantina mandiri ini selama 5 hari di hotel berbintang yang teryata sudah ditanggung sama pemerintah Panama termasuk makanan dan test PCR.


Setelah saya sudah bisa jalan-jalan di Panama, di waktu yang bersamaan juga si Rumba a.k.a Honda Afriva Twin sudah tiba di cargo bandara disini, saya pun langsung buat janji sama agen shipping di sini buat jemput motor saya. Proses pengeluaran motor dari cargo gak ribet Cuma saya harus membuka crating atau box kayu sendiri yang lumayan makan tenaga juga tapi dibantu sama Shanti biker asal Kanada yang juga kirim bareng motor nya dari Bogota lewat agen shipping yang sama juga jadinya motor kita satu paket nih. Setelah motor siap, lanjut buat TIP (Temporary Import Permit) di custom bandara dan setelah beres saya langsung gas ke Panama City buat prepare explore Central America.


Pas lagi di Panama, rasanya belum afdol nih kalo belum berkunjung ke Panama Canal. Jaraknya gak jauh, Cuma sekitar 12 km dari kota Panama. Tapi pas nyampe spot yang bisa lihat kapal nyebrangin Panama Canal malah ditutup karena pandemik, tapi untunglah saya masih bisa ketemu spot lainya di Pedro Miguel locks, dan pas banget ada kapal besar yang lagi melintas. Nah Panama Canal ini adalah terusan yang menghubungkan Samudra Atlantik ke Samudra Pasifik dan sebaliknya. Dan sepanjang 82 Km terusan ini terdapat 3 locks yaitu Gatun locks, Pedro Miguel locks dan Miraflores locks. Puas nongkrong di pinggir terusan Panama, waktunya gas lagi nih, saya bakal ngikutin rute no.1 menuju kota Santiago dan bakalan nginap semalam disana sebelum lanjut ke negara selanjutnya Costa Rica. Maunya eksplore banyak namun saat ini ternyata bukan bulan yang tepat, hujan badai bakal selalu bikin gak nyaman kalau mau nikmatin Central America saat ini apalagi pemotor kayak saya yang bakal gak nyaman kalau riding ketemu hujan, selain pandangan terbatas juga gak bisa nikmati pemandangan keren sepanjang perjalanan.


Salam Adventure.










You Might Also Like: