top of page

The TIP of Borneo

Day 102. Km 5.136.



Setelah sepekan explore Brunei, saya lanjutin petualanganku di Borneo dan kali ini masuk ke wilayah Malaysia lagi setelah pos Imigrasi Temburong buat check out dari Brunei, masuklah saya di Sarawak Malaysia lagi tapi kali ini cuma numpang lewat karena tujuanku ke Sabah yang Cuma 50 Km saja dari perbatasan Brunei-Malaysia ini. Uniknya buat masuk ke negara bagian Sabah, Malaysia ternyata ada pos imigrasi lagi di Merapok buat cap paspor. Dan dari sana sekitar 3 jam lagi berkendara buat sampai ke ibukota Sabah, Kota Kinabalu.


Kota Kinabalu ini jadi kota terbesar yang saya kunjungi di wilayah bagian utara Borneo yang berbatasan dengan laut Cina Selatan ini dengan populasi sekitar 452.000 jiwa hampir sama dengan populasi di Brunei. Nah di kota ini saya melakukan service berkala tungganganku Honda CB150X di dealer Honda, riding keliling kota dan nongkrong bareng biker disini sampai kulineran sebelum Petualanganku berlanjut ke destinasi berikutnya.


Nah destinasi berikutnya yang bakalan saya kunjungi berada sekitar 180 Km dari Kota Kinabalu atau sekitar hampir 4 jam berkendara lewatin beberapa kota kecil dan perkebunan sawit hingga masuk daerah Kudat lalu saya terus riding ke Utara sampai ketemu Kampung Simpang Mengayau karena di kampung inilah menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi traveller dan biker kalau berada di Sabah. Disini ujung paling utara dari pulau ke-3 terbesar di dunia setelah Greenland dan New Guinea inilah ‘the tip of Borneo’ dan dari sini juga kita bisa melihat pertemuan antara laut Cina Selatan dan Laut Sulu. Tempatnya tenang, pagi itu hanya beberapa pengunjung dan warga lokal yang mancing saya disini jadinya berasa leluasa kalau mau foto dengan monumen Tip of Borneo ini. Dan karena pantai sama pemandangan di Peninsula Kudat ini keren dan punya daya tarik tersendiri sampai saya tinggal 2 malam disini biar puas bolak balik ke Tip of Borneo dan bercengkrama sama warga lokal sambil nikmati sunrise dan sunset dari 2 laut yang berbeda. Dan gak jauh dari ujung Utara Borneo ini saya bakalan kunjungi gunung tertinggi di Borneo masih di negri Sabah.


Salam Adventure.















Comments


You Might Also Like:
bottom of page