Mexico 2.0

Day 809, Km: 35.063.


Dan akhirnya setelah penantian panjang, si Rumba pun alias Honda Africa Twin tunggangan saya bisa mengaspal di Mexico dengan aman setelah berhasil mendapatkan surat temporary import permit dari custom di perbatasan Chetumal setelah dari Belize. Dan hari itu langsung bebas tanpa rasa takut kalo ketemu polisi razia di jalanan Mexico. Nah saya bisa lanjut explore Mexico dengan aman di bagian Quintana Roo buat kemping ceria di Bacalar. Setelah itu lanjut gas kembali ke provinsi Chiapas via Campeche dan Tabasco yang jalanannya lumayan bosan juga ditambah cuaca yang gerah banget sampai 45°C tengah hari tapi untunglah semenjak mengarah ke Palenque udah mulai adem karena mulai ke daerah pegunungan dan jalanan mulai memanjakan mata karena pemandangan mulai memukau sampai tiba di San Cristobal daerah tujuan wisata yang lumayan adem karena berada di ketinggian.


Setelah bermalam di kota kolonial San Cristobal, lanjut gas lagi kali dan kali ini saya balik ke Frontera Comalapa buat bertemu kembali keluarga Galvez yang senantiasa memantau dan membantu perjalananku di Mexico., senang banget bisa berjumpa lagi sama Ariel dan kelurganya yang sudah memanti saya di rumahnya. Dan selama tinggal sepekan sama keluarga Galvez malah saya diajak ngebolang ke kampung bapak dan ibunya Ariel di luar Comalapa mengarah ke pegunungan yang indah dan sejuk. Setelah puas pelisiran bersama keluarga Galvez, tibalah saatnya buat pamitan lagi karena petualangan sudah harus dilanjutkan. Dari Comalapa saya pilih ngikutin jalur selatan Chiapas dari rute 200 dan rute 190 yang membawaku hingga ke kota Oaxaca. Di sana ada Anuar Silva dan kawan-kawan biker Oaxaca langsung menjamu saya dan Rumba trus diajak keliling Oaxaca sambil nikmati kuliner dan melihat bangunan bersejarah. Memang dunia biker di Mexico gak ada matinya, bahkan Anuar bersedia luangin waktu buat riding bareng sampai Mexico City dan disana kami disambut Duta Besar RI Pak Cheppy T. Wartono bersama staff KBRI Mexico City, seru banget pokoknya walaupun harus menerjang kemacetan Ibu kota Mexico ini yang lumayan parah.


Nah kalau udah sampai di Mexico City wajib kunjungi Taman Soekarno. Taman seluas 2.500 m2 ini didirikan 26 September 2019 lalu oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Menko PMK) Ibu Puan Maharani tak hanya itu di Taman Soekarno ini juga berdiri patung Soekarno, wahh bangga banget bisa sempetin mampir ke Taman Soekarno ini sambil piknik di taman ini melihat suasana kota Mexico yang selalu sibuk. Dan bertempat dari halaman depan KBRI Mexico City, Duta Besar RI Cheppy T.Wartono bersama staff KBRI Mexico City melepas petualangan Wheel Story menuju destinasi selanjutnya. Kali ini saya gas mengarah ke utara menuju Monterrey yang nantinya akan bersiap untuk masuk ke negara selanjutnya untuk di eksplore bersama Rumba a.k.a Honda Africa Twin yaitu mana lagi kalau bukan USA.


Salam Adventure.



















You Might Also Like: