top of page

Welcome to SUMBA Island

Day 1-4, Start explore Sumba

 

Setelah 3 hari 2 malam perjalanan naik Ferry dari Surabaya, tibalah di pelabuhan Waingapu Sumba Barat Daya, NTT dimana perjalanan bermotor buat explore pulau Sumba dimulai dari sini dari kota Waingapu. Dan hari pertama sampai, sorenya langsung gas ke arah Timur dari kota Waingapu buat kejar sunset dari pantai Walakiri. Hanya 30 menit saja. Disana kita bisa nikmati pantai pasir putih yang bersih dan yang paling dicari wisatawan buat berpose di kumpulan mangrove yang tumbuhnya meliuk-liuk jadi terlihat seperti menari maka disebut ’dancing tree’ di sini. Kalo foto harus pas sunset biar makin eksotis. Sayangnya banyak mangrove kecilnya udah pada patah dan rusak karena dipanjat orang buat foto.

 

Hari selanjutnya masih di sekitar Waingapu cuma berjarak 7 km ke arah selatan kota kita ketemu dengan bukit yang eksotis buat didokumentasi. Bukit Tanau memang indah apalagi kalau sunrise atau sunset pasti cantik. Bulan february masih hijau jadi bukit-bukit disini kayak ditutupi karpet hijau. Ini salah satu destinasi favorit punya kabupaten Sumba Timur.

 

Tapi ada satu destinasi menarik yang wajib dikunjungi biker nih. Kira-kira hampir sejam atau 40 km dari Waingapu riding ke arah selatan dikelilingi pemandangan khas tanah Sumba atau tanah Marapu yaitu padang savanah diisi sama kuda, sapi, kerbau dan kambing yang dilepas liar alias tidak diikat nambah suasana hamparan alam Sumba jadi makin liar. Dan gak kerasa saya pun riding di atas jalan terindah di Indonesia di Piarakuku hills. Jalan aspal mulus dibangun di atas perbukitan savanah yang keren, sejuk dan sepi bikin merinding riding disini. Gak percaya kalau ini di Indonesia. Puas banget nikmati jalanan penuh kelokan ini sampai ke Tanarara trus nyari kopi Sumba disana abis itu lanjut meluncur balik ke kota Waingapu sebelum hujan turun karena kalau masih bulan-bulan awal tahun masih banyak curah hujan apalagi sore hari. Dan benar banget, pas sampai Waingapu hujan disertai angin kencang pun turun. Dari Waingapu saya bakalan siap gas ke arah Barat Sumba.

 

 

Salam Adventure.











Comments


You Might Also Like:
bottom of page